KONSELING DAN MOTIVASI OLEH LEMBAGA PEMBINAAN DAN LAYANAN KONSELING SUMATERA UTARA NARWASTU TERHADAP PASIEN TERPAPAR COVID-19
Keywords:
konseling, motivasi, pasien covid-19Abstract
Pelayanan atau komunikasi online akhir-akhir ini menjadi suatu kegiatan yang tidak dapat dihindari. Salah satunya dibutuhkan sekali komunikasi, pelayanan, pembimbingan yang sifatnya menguatkan para pasien Covid-19. Pada bulan Maret 2021 ada 8 orang (anggota jemaat) dan 34 orang (alumni) yang terpapar Covid-19. Mereka membutuhkan teman untuk menguatkan. Teman yang bukan menggurui, bukan mendikte akan tetapi mengingatkan, memotivasi mereka. Teman yang engingatkan bahwa kesehatan dapat dimunculkan dari dalam diri sendiri. Stimulasi komunikasi konseling diharapkan dapt mengingatkan mereka untuk tetap semangat, saling berkomunikasi antara anggota keluarga dan sahabat dekat yang bisa menghargai mereka. Lembaga Pembinaan dan Layanan Konseling Sumatera Utara NARWASTU bersama rekan-rekan dosen mencoba membantu mereka untuk menstimulasi semangat dari dalam atau internal diri. Kebanyakan dari pasien diberlakukan perawatan dengan isolasi mandiri. Para pasien dalam hal ini dapat kita sebut juga mitra dikumpulkan dalam satu media sosial yakni Grup Whatsapp. Oleh karena ada 2 target yang dilayani maka grup tersebut dibuat masing-masing terpisah. Ada tujuh point layanan yang diterapkan pada pasien yakni : 1. Rengungan online tertulis. 2. Mendapatkan lagu-lagu dan musik penyemangat, 3. Olahraga dilingkungan sekitar dan atau di dalam ruangan rumah, 4. Konseling online video conference, 5. Mengajak para pasien untuk memperbaiki komunikasi yang positif didalam keluarga, 6. Mensupport pasien dengan paket buah-buahan, vitamin dan obat, 7.Mengidentifikasi dan mengkalkulasi biaya yang dibutuhkan untuk kemudian menghimpun dana dari kas dan para donatur yang berada baik lokal, nasional dan internasional. Berbeda dengan kondisi dipertengahan tahun lalu, layanan ini dapat ditangani lebih ringkas dan selesai; dimulai dari bulan Maret dan selesai pada awal Mei 2021