PENYULUHAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI TEKNIK SKEMA UNTUK KELAS VII-D SMP NEGERI-2 TANJUNG MORAWA, DELI SERDANG TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022
Keywords:
keterampilan, membaca, teknik skemaAbstract
Pembelajaran membaca, guru sering menyuruh siswa membaca di kelas. Membaca dapat diartikan untuk memperoleh informasi, buah pikiran, atau gagasan yang terkandung di bahan bacaan yang dimaksud. Membaca dapat pula dianggap sebagai proses untuk memahami yang terseirat dalam sesuatu yang tersurat, melihat pikiran-pikiran yang terkandung dalam sesuatu yang tertulis. Tujuan membaca dapat diartian sebagai suatu kegiatan yang dilakukan untuk memporoleh informasi. Para ahli mengemukakan pentingnya membaca antara lain, membaca untuk memperoleh perincian-perincian, memperoleh isu-isu utama, untuk mengetahui urutan atau susunan, oraganisasi cerita. Sedangkan teknik skema menurut para ahli sebagai berikut (1) skema seabagai kerangka kognitif terdiri dari sejumlah ide yang terorganisasi, (2) skema sebagai kerangka referensi untuk merekam berbagai peristiwa kejadian atau data (3) skema sebagai suatu modal (4) skema sebagai kerangka referensi terdiri atas reaksi-reaksi pendahulu yang berlaku sebagai suatu standar. Dengan menggunakan teknik skema siswa akan digiring membangkitkan skema yang ada dalam dirinya tentang konsep yang diberikan.