Sosialisasi Pendampingan Guru Terhadap Siswa Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SD Pada Saat Pandemik Covid-19 di SD Negeri 095130 Senio Bangun Jl. Asahan Km 13

Authors

  • Minar Trisnawati Tobing Universitas HKBP Nomennsen Pematang Siantar

Keywords:

pendampingan, guru, prestasi, siswa

Abstract

Pemanfaatan smartphone untuk keperluan dunia pendidikan saat ini menjadi hal yang krusial pada masa pandemi ini. Sekolah di tuntut untuk melaksanakan pembelajaran secara daring, dengan konsep siswa belajar dari rumah. Otomatis siswa sangat membutuhkan pendampingan terutama dalam pembelajaran yang sekarang ini dilaksanakan berbasis teknologi. Agar pelaksanaan pembelajaran secara daring maupun luring dapat dilaksanakan dengan baik, maka tim pengabdian masyarakat prodi PGSD HKBP Nomensen Pematangsiantar mengadakan sosialisasi tentang pendampingan belajar anak pada masa pandemic. Pendampingan belajar ini dilakukan dalam kelompok kecil yang terdiri dari 10-15 orang. Pendampingan belajar berlokasi di SD Negeri095130 Senio Bangun. Imstrumen yang digunakan pada pengabdian kepada masyarakat guna mengetahui seberapa paham guru memahami langkah pembelajaran yang akan disampaikan narasumber. Pendampingan guru melalui kegiatan bimbingan belajar dapat meningkatkan prestasi sekaligus motivasi belajar. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian Zumaroh (2013) yang menyatakan bahwa motivasi belajar siswa underachiever dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok yang tepat. Guru-guru peserta pelatihan ini mendapatkan pengetahuan mengenai informasi mengenai Literasi Digital dalam meningkatkan wawasan kebangsaan dan cara mengoperasikannya.

Downloads

Published

2021-11-30