PELATIHAN PENGGUNAAN LECTORA INSPIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN YANG INTERAKTIF BAGI GURU SMA SWASTA HKBP DI HUTABAYURAJA
Keywords:
media pembelajaran, lectora inspire, pelatihanAbstract
Di zaman sekarang ini, guru dituntut untuk mempunyai keterampilan dalam menggunakan media pembelajaranberbasis teknologi. Mempertimbangkan analisis kebutuhan, maka dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan bagi guru- guru SMA Swasta HKBP Hutabayuraja di Kabupaten Simalungun. Tujuan pengabdian adalah untuk menambah pengetahuan gurudalam menggunakan media pembelajaran.Metode yang digunakan dalamkegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan rangkaian kegiatan yang meliputi tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan dilakukan melalui wawancara kepada kepala sekolah dan guru- guru SMA Swasta HKBP Hutabayuraja. Pada tahap pelaksanaan, dilakukannya pelatihan yang mencakup materi tentang pengenalan, penggunaan, dan pemanfaatan lectora inspire. Dan terakhir tahap evaluasi untuk mengukur pemahaman dan keterampilan guru setelah pelatihan tersebut dilaksanakan. Angket terdiri dari 4 indikator yaitu penyampaian materi tentang lectora inspire, penggunaan lectora inspire, manfaat kegiatan PkM, dan Umpan balik kegiatan PkM. Berdasarkan grafik diatas, 76,47% peserta menyatakan sangat setuju pada indikator penyampaian materi, 17,64% peserta yang menyatakan setuju, dan 5,88% tidak setuju. Pada indikator kedua yaitu penggunaan media Lectora Inspire menyatakan 70,58% sangat setuju, , dan 29,41% menyatakan setuju. Untuk indikator ketiga yaitu kemanfaatan kegiatan, 94,11 % menyatakan sanagat setuju dan 5.88% menyatakan tidak setuju. Untuk indikator terakhir yaitu indikator keempat yaitu umpan balik kegiatan, 88,23% menyatakan sangat setuju, dan 11,76% menyatakan tidak setuju. Hal ini memperlihatkan semangat dan antusiasme guru dalam mengikuti pelatihan tersebut.